Please update your Flash Player to view content.

SELAMAT MEMASUKI

TAHUN AJARAN

2014 - 2015


MASUK SEKOLAH TGL 14/7/2014 S/D 18/7/2014

LIBUR IDUL FITRI TGL 19/7/2014 S/D  5/8/2014

MASUK KEMBALI TGL 6/8/2014

MASUK HARI PERTAMA ACARA HALAL BI HALAL

DISEKOLAH DIMULAI  JAM 6.30 sd SELESAI



TATA TERTIB PESERTA DIDIK

SMA NEGERI 66 JAKARTA

TAHUN 2014/2015

A.       DASAR PEMIKIRAN

Sekolah sebagai lembaga pendidikan memiliki dua fungsi utama, yaitu fungsi pendidikan dan fungsi pengajaran. Kedua fungsi tersebut akan berjalan dengan baik apabila ditunjang dengan kondisi sekolah yang kondusif, terutama kondisi kesiapan dan disiplin peserta didik yang dinamis. Untuk itu perlu dibuat perangkat aturan atau tata tertib peserta didik.

B.    DASAR HUKUM

  1. 1.UUD 1945 BAB XIII, Pasal 31 ayat (1), (2) , dan (3)
  2. 2.UU No. 2 Tahun 1989 pasal 4 tentang Pendidikan Nasional
  3. 3.UU No. 20 Tahun 2003, pasal 4 ayat 4 dan pasal 12 ayat 2.a tentang Sistem Pendidikan Nasional
  4. 4.Peraturan Gubernur Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta No. 11 Tahun 2009 Bab II pasal 2.1-b tentang Jam Masuk Sekolah

C.    PENGERTIAN

Tata tertib peserta didik SMA Negeri 66 Jakarta merupakan rambu-rambu tentang kegiatan peserta didik sehari-hari demi terciptanya hasil belajar yang optimal. Tata tertib peserta didik berisi tentang kewajiban-kewajiban, larangan-larangan, dan sanksi yang berlaku.

D.    KEWAJIBAN-KEWAJIBAN

        Peserta didik SMA Negeri 66 Jakarta wajib tunduk dan patuh pada ketentuan-ketentuan :

  1. 1.Taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa

1.1.   Melaksanakan ibadah sesuai dengan ajaran agamanya.

1.2.   Mengikuti pelajaran agama yang dianut.

  1. 2.Peserta didik menjunjung tinggi nilai budaya yang berlandaskan Pancasila dan UUD 1945.
  2. 3.Bersikap sopan-santun, menghormati orang tua, Bapak/ Ibu guru, pegawai, sesama peserta didik di sekolah maupun di luar sekolah.
  3. 4.Mengikuti proses pembelajaran sesuai dengan kurikulum SMAN 66 Jakarta (Intrakurikuler dan Pengembangan diri)

5. Memakai seragam sekolah yang ditetapkan sebagai berikut :

5.1.    Senin        :  Putih – putih dan bertopi untuk upacara

          Pria         : Kemeja putih lengkap dengan bedge OSIS, celana panjang putih     sebatas mata kaki, ikat pinggang OSIS warna hitam

          Wanita      :  Kemeja putih lengkap dengan bedge OSIS, rok rempel putih         sebatas mata kaki, ikat pinggang hitam.

5.2        Selasa  :   Putih abu - abu         

Pria       :  Kemeja putih lengkap dengan bedge OSIS, celana panjang abu –     abu sebatas mata kaki, ikat pinggang OSIS warna hitam.

Wanita   : Kemeja putih lengkap dengan bedge OSIS, rok rempel abu – abu             sebatas mata kaki, ikat pinggang OSIS warna hitam.

5.3    Rabu              

5.3.a. Kelas X dan Kelas XI memakai seragam pramuka penegak, bagi yang berjilbabmemakai jilbab warna coklat tua.

5.3.b. Kelas XII memakai seragam putih abu-abu sesuai point 5.2

5.4     Kamis             : Minggu I dan II memakai kemeja batik sekolah dan celana panjang/ rok rempel abu–abu sebatas mata kaki.

Minggu III dan IV/V memakai kemeja batik nasional dan celana panjang/ rok rempel abu–abu sebatas mata kaki.

5.5.      Jumat            :   Peserta didik pria/ wanita memakai pakaian adat Betawi warna putih berlogo SMA 66 dengan celana panjang/ rok rempel abu–abu sebatas mata kaki, dan wanita   muslimah memakai kerudung berwarna putih.

 

5.6.     Hari Senin, Selasa dan Rabu memakai sepatu kets berwarna hitam bertali warna hitam dengan rapi berkaos kaki warna hitam.

5.7.     Hari Kamis dan Jumat diperbolehkan memakai sepatu ketsselain warna hitam dan berkaos kaki.

5.8.     Hari Senin, Selasa, Kamis dan Jumat peserta didik wanita yang berjilbabmemakai jilbab warna putih.

5.9.     Berpakaian rapi baju dimasukkan ke dalam rok (untuk wanita), celana (untuk pria), (kecuali baju batik/ baju adat Betawi) dan memakai ikat pinggang warna hitam.

5.10.  Jam pelajaran olah raga memakai pakaian olah raga SMA 66 Jakarta dan tidak dipakai dari rumah.

5.11.  Jam pelajaran pendidikan agama Islam peserta didik putri diwajibkan memakai busana muslimah (kemeja lengan panjang dan memakai kerudung ).

5.12. -   Celana Panjang bukan model pensil/ ketat sebatas mata kaki(ukuran lingkar bawah minimal 10 cm dari pergelangan kaki).

-   Rok rempel panjang sebatas mata kaki.

5.13. Peserta didik pria/ wanita wajib memakai kaos dalam.

5.14. Kemeja adalah baju berkerah dengan kancing lengkap dari leher sampai bawah   dan lengan baju ( wanita tanpa karet ) sebatas siku serta tidak ketat dan tidak pendek (junkis).

 

6.  Rambut

     a. Pria        :   Bagian depan tidak mengenai alis, bagian samping tidak mengenai telinga dan bagian belakang tidak melebihi kerah baju, serta tidak dicat atau dimodel ala punk

     b.  Wanita   :   Rapi , tidak dicat .

    

7.  UPACARA

Peserta didik wajib mengikuti upacara bendera.

7.1.  Upacara bendera hari Senin sesuai dengan jadwal yang ditentukan.

7.2.  Upacara peringatan hari-hari besar nasional.

 

8.  KEHADIRAN DAN KBM

8.1.   Peserta didik wajib hadir di sekolah sebelum pukul 06.25.

8.2.   KBM dimulai pukul 06.30 WIB, bagi peserta didik muslim diawali dengan tadarus pagi, sedangkan bagi peserta didik nonmuslim diawali dengan doa di ruang yang ditentukan.

8.3.   a.   Peserta didik yang terlambat lebih dari 3 kali dipulangkan dan boleh masuk apabila di antar oleh orang tua dan dilakukan pembinaan oleh wali kelas, guru BK dan kesiswaan.

b.   Seluruh aktivitas peserta didik di sekolah berakhir pada pukul 16.45 WIB.

c.   Pukul 17.00 WIB seluruh peserta didik sudah meninggalkan sekolah.

8.4 Peserta didik wajib melaksanakan kegiatan ibadah sholat dzuhur berjamaah dan sholat jumat/ do’a bersama sesuai tempat dan waktu yang telah ditentukan.

8.5  Bagi peserta didik wanita yang berhalangan/ haid wajib mengikuti kegiatan keputrian.

8.6    Selama KBM berlangsung pintu tangga sebelah selatan dan pintu kantin ditutup.

8.7 Peserta didik tidak masuk sekolah karena izin/sakit, wajib memberikan surat dari orang tua/dokter, kepada guru piket paling lambat pukul 08.00 WIB.

8.8    Peserta didik karena sesuatu hal dan terpaksa meninggalkan jam pelajaran/sekolah harus mendapat persetujuan dari guru mata pelajaran di kelas dan guru piket.

8.9    Pesertadidik yang akan minta izin/meninggalkan jam pelajaran yang direncanakan harus membawa surat permohonan izin dari orang tua/wali.

 

9.   Melaksanakan 10-K ( Kebersihan, Keindahan, Kerindangan, Ketertiban, Keamanan, Kekeluargaan, Kenyamanan, Kesehatan, Keterbukaan dan Keteladanan).

10. Membersihkan kelas setelah jam pelajaran selesai sesuai dengan hari piketnya.

E.     LARANGAN-LARANGAN

Peserta didik dilarang :

  1. 1.Meninggalkan kelas/sekolah selama jam pelajaran, tanpa seizin Guru pengajar/ piket.
  2. 2.Membawa rokok, membawa korek api atau merokok di sekolah maupun di lingkungan sekolah.
  3. 3.Memakai pakaian yang tidak sesuai dengan seragam sekolah/ memakai jaket/ sweater dan berhias berlebihan.
  4. 4.Menerima tamu tanpa ijin guru piket.
  5. 5.Menggunakan, membawa, mengedarkan minuman keras, obat bius/ terlarang (ganja, heroin, morphine, putauw dan sejenisnya).
  6. 6.Membawa senjata api, senjata tajam dan sejenisnya yang tidak ada hubungannya dengan pelajaran.
  7. 7.Membawa, mengedarkan dalam bentuk apapun yang bersifat porno.
  8. 8.Melakukan tindakan yang mengakibatkan kerugian atau kerusakan milik sekolah maupun milik perorangan.
  9. 9.Mengaktifkan HP, MP3 dan sejenisnya dalam bentuk apapun pada waktu KBM berlangsung, kecuali seizin guru yang bersangkutan.
  10. 10.Membawa dan menggunakan tip-ex di sekolah.
  11. 11.Memakai aksesoris wanita dalam bentuk apapun bagi peserta didik putra atau sebaliknya.
  12. 12.Mewarnai/mengecat rambut, bertato dan menindik bagian tubuh yang tidak lazim.
  13. 13.Melakukan perbuatan asusila (bermesraan dan lain-lain) di lingkungan sekolah.
  14. 14.Berkelahi baik perorangan / berkelompok.
  15. 15.Membentuk organisasi selain OSIS/ ekskur yang disahkan.
  16. 16.Berkumpul/ nongkrong disekitar sekolah sampai Ring I(100 m dari pintu gerbang sekolah) lebih dari 20 menit .
  17. 17.Mengkoordinir kegiatan di luar KBM, penggalangan dana dan pengadaan barang (jaket dll) dalam bentuk apapun tanpa izin tertulis dari pihak sekolah.
  18. 18.Membuang sampah tidak pada tempatnya.
  19. 19.Mencoret-coret tas, sepatu, ikat pinggang, baju, celana/ rok/ seragam sekolah.
  20. 20.Membuat kotor ruang kelas maupun lingkungan sekolah.
  21. 21.Mencoret-coret meja, kursi, lemari/ sarana dan prasarana sekolah.
  22. 22.Memakai sepatu sandal, sepatu karet dan sepatu tidak layak pakai.
  23. 23.Melakukan perbuatan yang membahayakan jiwa/ keselamatan orang lain/ bullying.
  24. 24.Merayakan ulang tahun di sekolah/ lingkungan sekolah.

 

F.       SANKSI-SANKSI

Sanksi pelanggaran terhadap tata tertib tercantum pada tabel / lampiran :

 Klik disini untuk melihat sanksi sanksi

Penentuan Nilai Kepribadian dalam Raport Semester diberikan oleh Guru mata pelajaran, kesiswaan dan Guru BP/BK

H.    PENUTUP
  1. 1.Perhitungan jumlah skor/bobot sanksi pelanggaran berlaku untuk 1 tahun.
  2. 2.Jumlah ketidakhadiran peserta didik yang ditulis di raport bersifat akumulasi dalam setahun.
  3. 3.Peserta didik yang tidak hadir tanpa keterangan/dipulangkan karena terlambat,sekolah akan mengkonfirmasikan kepada orang tua.
  4. 4.Hal-hal yang belum tercantum dalam tata tertib ini, akan diputuskan/ diambil tindakan sesuai pertimbangan guru/ pembina.

                                                                                                                  

                                                                                               Jakarta, Juni 2014

                                                                                                      Kepala Sekolah

 

                                                                                                     Drs. H. SUHARI

                                                                                                                  NIP. 195606251979031003